Senin, 30 Januari 2017

DIALOG INTERAKTIF

DIALOG INTERAKTIF 
 
Dialog interaktif adalah materi smp kelas 9 yang akan kita pelajari kali ini. Dialog interaktif ini sangat sering kita jumpai di berbagai media massa terutama tv. Nah dari berbagai acara tv, dialog interaktif lebih sering kita jumpai pada acara berita pagi ataupun talk show seperti pada channel Metro tv dan juga TV One yang memang sudah kita kenal bahwa channel tersebut sering sekali mengadakan dialog interaktif.
pengertian dan contoh dialog interaktif

Dialog interaktif yang ada di televisi biasanya terjadi ketika ada suatu topik yang sedang hangat dan sering diperbincangkan baik itu tentang pendidikan, keadaan ekonomi negara maupun bidang lainnya. Biasanya suatu acara tv akan mengundang beberapa pakar ahli yang memang sudah handal dalam bidangnya untuk memperbincangkan suatu permasalahan yang sedang ramai diperbincangkan.

Pengertian Dialog Interaktif
Dialog merupakan kegiatan berbicara ataupun berbincang-bincang yang terarah dengan maksud dan tujuan tertentu yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Jadi pengertian dialog interaktif adalah dialog yang dilakukan antara narasumber di televisi atau radio dengan pemirsa atau pendengar tentang suatu hal yang sedang diperbincangkan.
Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menyimak Dialog Interaktif
Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika kita akan menyimak suatu dialog interaktif yang terjadi di radio ataupun televisi. Beberapa hal tersebut diantaranya sebagai berikut.
  1. Tema Dialog, ini harus kita perhatikan karena tema merupakan sebuah pokok dari permasalahan yang akan diperbincangkan.
  2. Narasumber, kita harus mengetahui dengan jelas siapakah yang menjadi narasumber dalam sebuah dialog interaktif.
  3. Pendapat Narasumber, ini juga harus kita perhatikan karena dalam sebuah dialog interaktif kita juga harus mengetahui apa saja pendapat yang dikemukakan oleh para narasumber.
  4. Kesimpulan Dialog, merupakan inti sari atau hal-hal penting yang ada atau terjadi dalam dialog interaktif tersebut.
Memberikan Komentar Dalam Dialog Interaktif
Setelah kita selesai menyimak sebuah dialog, hal yang perlu kita lakukan adalah memberikan komentar. Memberikan komentar dalam sebuah dialog interaktif ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Memberikan komentar yang bersifat objektif dan komentar tidak memihak kepada salah satu peserta ataupun narasumber.
  2. Komentar harus disertai fakta-fakta yang akurat dan meyakinkan.
  3. Komentar berisi alasan yang logis.
Hal-hal yang perlu dikomentari dalam dialog interaktif adalah sebagai berikut.
  1. Tema dialog, apakah penting atau tidak.
  2. Kemampuan dan penguasaan para narasumber terhadap materi yang dibicarakan.
  3. Relevan atau tidaknya pertanyaan peserta dialog terhadap tema dialog.
  4. Benar atau tidaknya tanggapan atau jawaban narasumber atau pertanyaan peserta dialog.
Lalu bagaimana cara mengetahui isi dialog yang diperbincangkan dalam sebuah dialog interaktif? Caranya adalah dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pewawancara atau wartawan.
Contoh Dialog Interaktif
Berikut akan saya berikan contoh dialog interaktif singkat yang ada di televisi indonesia yaitu Metro TV pada acara Kick Andy.
Nama Acara       : Kick Andy.
Stasiun Tv          : Metro TV.
Waktu                 : Pukul 20.05 WIB, Jum'at 22 Juli 2016.
Pembawa Acara  : Andy Flores Noya.
Narasumber        : Dahlan Iskan.
Tema                   : Kesuksesan serta tindakan Dahlan Iskan sebagai Menteri yang kontroversial.
Pembahasan        : Tanpa melibatkan pemirsa.
Dialog                 :

Andy     : Selamat malam bapak menteri.
Dahlan  : Selamat malam.
Andy     : Apa yang anda pikirkan sebenarnya sehingga Anda tidak mau menerima fasilitas untuk anda sebagai menteri?
Dahlan   : Hidup kita harus sederhana, karena kita nanti pasti tidak jadi apa-apa. Supaya kalau kita sudah tidak jadi apa-apa, kita tidak merasa kehilangan. Pada akhirnya kita juga pasti kehilangan yang paling mahal, yaitu nyawa. Kalau kita sudah latihan tidak keberatan kehilangan apapun, pasti kita tidak keberatan bila harus dipangil tuhan untuk kehilangan nyawa.
Andy     : Siapa orang yang paling berjasa untuk Anda dalam meraih kesuksesan Anda?
Dahlan  : Pertama adalah orang tua saya, yang telah membesarkan saya. Kedua adalah kakak perempuan saya yang ada di Samarinda yang telah membiayai hidup saya dan adik saya setelah orang tua saya meninggal.
Andy     : Mengapa tanggal lahir Anda tidak bisa dipastikan?
Dahlan  : Ketika saya lahir, kakak saya menuliskan tanggal lahir saya di balik pintu lemari. Suatu saat ibu saya sakit parah dan tidur di rumahnya dukun selama 1 bulan. Bapak saya tidak kerja karena menemani ibu saya. Karena tidak ada penghasilan dari Bapak, maka barang-barang di rumah dijual termasuk lemari yang bertuliskan tanggal lahir saya.
Andy      : Bagaimana cara Anda melalui masa-masa sulit dalam kemiskinan?
Dahlan   : Saya merasa tidak menderita karena kemiskinan. Saya menerima apa adanya, karena bagaimanapun keadaannya, hidup harus dijalani.
Andy      : Sejak kapan Anda mengabaikan fasilitas-fasilitas negara yang diberikan untuk Anda?
Dahlan   : Sejak menjadi Direktur Utama PLN. Banyak orang yang mengatakan PLN itu sarang korupsi. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak menerima gaji, mobil dinas, dan rumah dinas dari PLN.
Andy      : Apa yang terjadi dengan hati Anda dan adakah pengaruh dari operasi ganti hati pada kegiatan Anda sehari-hari?
Dahlan   : Awalnya saya mengidap Hepatitis B, kemudian saya terkena kanker hati dan umur saya diperkirakan tinggal 6 bulan. Maka saya menjalani operasi ganti hati dan syukurlah sekarang saya tidak cepat lelah ketika bekerja.
Andy    : Apa yang mendasari Anda untuk melakukan tindakan-tindakan kontroversial seperti naik ojek, dan tidur di rumah petani di desa?
Dahlan  : Ketika saya naik ojek, saat itu benar-benar macet sehingga saya harus naik ojek agar tepat waktu. Ketika saya tidur di rumah petani, saya ingin mengetahui kenapa orang miskin sekarang begitu menderita. Saya juga ingin mencari cara untuk memecahkan kemiskinan sedikit demi sedikit.
Andy     : Apabila dicalonkan menjadi presiden atau wakil presiden, maukah anda menerimanya?
Dahlan  : Saya tidak mau jadi presiden atau wakil presiden saya ingin terus bekerja sebagai Menteri BUMN semampu saya.
Andy     : Di mana sajakah Anda menerima pendidikan formal Anda?
Dahlan   : Saya menerima pendidikan formal saya yaitu SD, SMP, dan SMA di kampung halaman saya. Kemudian saya ikut kakak saya ke Samarinda untuk kuliah di IAIN. Karena orang yang mau kuliah di Samarinda masih sedikit, saya mudah mencari kuliah di sana.
Kesimpulan Dialog
Masalah tindakan-tindakan Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN yang kontroversial saat ini sedang menjadi topik pembicaraan di TV. Inti pembicaraan dari dialog interaktif itu adalah bagaimana seorang anak yang dulunya tidak punya sepatu dan hanya menginginkan mempunyai sepeda dan sepatu bisa sukses menjadi seorang pejabat negara yang dikagumi oleh masyarakat.
Dalam sebuah dialog TV tanggal 20 Juli 2012, didiskusikan bagaimana Dahlan Iskan melewati masa-masa sulit dalam kemiskinan dan perjalanan karirnya hingga sukses seperti sekarang. Narasumber menyatakan bahwa kemiskinan bukan penderitaan dan harus dijalani. Beberapa pendapat yang sejalan adalah pendapat Khrisna Pabhicara yang inti pendapatnya adalah kemiskinan bukan halangan untuk mencapai kesuksesan.
 
(Sumber: http://www.materikelas.com ,30-01-2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar